widgeo.net

Minggu, 08 Maret 2015

Jelang Satu Tahun Pesona Baturaden dari Jepretan hape

Baturraden masih mempesona, ia dari lahir memang sudah cantik dan seksi. berawal dari sejarahnya pun unik. sedikit memoles dan menata baturraden maka sudah cukup menawan merayu para wisatawan. baturaden masih menjadi ikon wisata banyumas dan Jawa Tengah bagian selatan.
1359554126700023058
(Pesona keindahan Baturraden Jateng / dok. pribadi)
Terkadang saya bingung ketika di tanya destinasi yang menarik di purwokerto banyumas, bukan karena tidak ada ataupun tidak menarik melainkan justru begitu banyaknya potensi yang ada di wilayah banyumas baik itu wisata alam, budaya, sejarah, religi  serta edukasi. perkembangan kota purwokerto secara pesat menjadikan geliat obyek wisata semakin tampak cerah. berbagai pengembangan sarana dan obyek wisata senantiasa di lakukan oleh pemkab ataupun pengembang wisata dan pemerhati budaya.
Bicara wisata purwokerto tentu sebagian orang akan berkiblat pada Lokawisata Baturraden. tempat yang selalu hidup dan menyala selam 24 jam melayani para wisatawan dari seluruh penjuru dunia. baik siang dan malam selalu diramaikan dengan suasana keakraban masyarakat wisata dan pengunjung.
Pesona baturraden itu senantiasa menarik hati, tidak terkecuali bagi saya yang sudah sering atau bolak-balik ke lokawisata alam yang cukup menawan. kondisi alam yang indah serta udara sejuk masih terasa di baturaden raya. sarana penunjang pun siap melengkapi kenyamanan wisata anda. hotel dan penginapan selalu siap menyambut kehadiran wisatawan dengan harga yang sangat terjangkau.
yuk refreshing sejenak, lepaskan penat anda untuk ikut menjelajah bumi nusantara di jawa tengah bagian selatan. memasuki pintu masuk lokawisata maka akan di sambut dengan punokawan. karcis masuk lokawisata cukup terjangkau yaitu Rp 7.500,- per orang.
13595546451661364550
(Gerbang wisata dan pusat informasi / dok. pribadi)
Gerbang wisata dengan berbagai ukiran relief menjadikan suasana makin indah. tampak ruang kantor dan pusat layanan informasi wisata di sebelah selatan. ada juga perpustakaan yang menjadi referensi sejarah, budaya dan perkembangan wisata di baturraden.
13595549631944990648
(raden kamandaka diatas bebatuan yang menawan/ dok. pribadi)
Saat masuk maka akan disambut dengan tarian lengger banyumas (karya patung) di tengah kolam. tampak warna hijau yang memkau membuat hati terlihat lebih tenang dan nyaman. tampak juga air yang mengalir di bebatuan yang terlihat begitu menarik dengan kejernihan airnya.
13595550921522503551
(Suasana di Pancuran 3 Baturraden / dok. pribadi)
Tujuan yang pertama selagi sinar mentari masih cerah yaitu ke pancuran telu, yaitu obyek wisata air beleran dari 3 saluran air (pancuran). suasana terasa masih alami layaknya hutan dan masuk semakin dalam akan terasa hangat yang berasal dari sumber mata air pancuran telu. di sini pengunjung bisa mandi atau sekedar berendam dengan air belerang. ada juga tukang pijat yang siap membantu servis tubuh anda dengan pijat belerang yang ditangani tukang pijat profesional.
di komplek pancuran tiga juga selain sumber air belerang juga ada petilasan mbah atas angin yang sering di kunjungi para wisatawan minat khusus pada waktu-waktu tertentu. sekedar berendam di air belerang yang tak lebih dari 15 menit kemudian melanjutkan perjalanan ke mushola karena mendekati waktu dzuhur.
13595555791523261925
(Sepeda air baturaden purwokerto / dok. pribadi)
air wudhu yang bening dan dingin menjadi ciri khas di baturaden, mushola sederhana menjadi sarana umat manusia untuk menghadap pada sang pencipta. usai sholat menikmati keindahan ikan warna-warni di kolam sambil memberikan pakan. disini juga bisa menyewa sepeda air untuk keliling kolam. ya cukup menarik dan menghibur loch dengan menaiki sepeda air ini. apalagi kalau sama teman dekat atau orang tersayang membuat suasana makin nyaman tentunya.
1359555860335676927
(taman cadas baturaden banyumas / dok. pribadi)
keindahan alam serta penataan taman yang menarik membuat hape tak mau tinggal diam. jepretan demi jepretan mewarnai perjalanan keliling di lokawisata baturaden. hijaunya rumput serta jernihnya air membuat pikiran terasa lebih freez.
1359556070153344696
(landscape baturaden dari sisi atas / dok. pribadi)
keinginan untuk mengabadikan moment perjalanan wisata, namun berhubung tidak mempunyai kamera yang bagus jangankan DSLR kamera pocket saja belum punya, hehe… maklum orang desa. jadi pakai kamera hape yang serba dengan keterbatasan. sangat sulit untuk mendapatkan pencahayaan yang menarik tapi mau bagaimana lagi setidaknya memaksimalkan yang ada untuk sebuah jepretan.
13595563001232778491
(arca di baturaden / dok. pribadi)
oh iya sobat kompasianer.. selain pemandangan alam yang menarik di baturraden ini juga menjadi wisata sejarah loch. pasalnya ada lokasi tempat sebuah monumen 10 yang berupa batu dengan masing-masing berbeda tingginya sesuai tingkatannya. kesepuluh tersebut konon adalah pejuang kemerdekaan di banyumas. di depan monumen atau prasasti tersebut ada patung atau arca gadjah mada.
13595565781737820327
(kaos baturaden banyumas / dok. pribadi)
bagi anda yang mau mencari oleh-oleh, di sekitar lokawisata juga banyak penjual cindera mata hasil kerajinan masyarakat sekitar. kaos juga menjadi oleh-oleh sebagian besar penunjung. kaos yang mengangkat kearifan lokal bisa di dapatkan dengan harga yang terjangkau. jika kebetulan tidak membeli dilokasi, anda juga bisa pesen kaos banyumasan melalui toko online dablongan. Website yang menyediakan aneka kaos dengan kualias terbaik dan harga yang terjangkau.
wah… petualangan ke baturaden cukup melelahkan juga. suasana cukup panas ndak ada salahnya kalau berenang menikmati kesegaran air baturraden raya.
13595568821055103561
(Kolam renang baturraden / dok. pribadi)
suasana nyaman di baturraden akan selalu terkenang dengan keindahan alam yang mempesona dan penuh menawan.  kalau anda melewati purwokerto jangan segan-segan mampir ya ke baturraden.
kampret
Cerita sederhana ini saya tampilkan untuk menyambut satu tahun kampret. walau saya baru beberapa hari kemarin bergabung di kompasiana, namun ndak ada salahnya untuk ikut memeriahkan. walau tak punya kamera yang bagus kamera hape pun masih tetap bisa digunakan sebagai sumber inspirasi tulisan/artikel. sangat jauh dan memang belum punya kemampuan seni fotografi sehingga melalui tulisan ini sebagai penyemangat pribadi untuk ikut belajar dari kampretos yang selalu memberikan tips dan trik seputar jepretan.
Daftar Artikel-artikel yang mengikuti penyambutan Jelang Satu Tahun Kampretos lainnya bisa dilihat di sini.
tetap semangat untuk belajar.. belajar dan terus belajar agar semakin baik. tetap jeprat-jepret kalau gagal ya coba lagi. hehe… salam hangat dari desa untuk nusantara. :-) Selamt hari lahir kampret semoga semakin sukses dan selalu memberikan manfaat serta semangat berbagi ilmu.

0 komentar:

Posting Komentar